Makanan Yang Dilarang Untuk Penderita Diabetes

Makanan yang dilarang untuk penderita diabetes

Makanan yang dilarang untuk penderita diabetes - Tanpa disadari ternyata banyak makanan yang kita konsumsi dalam kehidupan sehari-hari memiliki efek tersendiri terhadap kesehatan tubuh kita tentu nya. Terlebih lagi pada orang yang memiliki penyakit komplikasi seperti penyakit diabetes dan penyakit jantung. Berikut ini kami sajikan informasi untuk anda yang memiliki keluhan penyakit diabetes mellitus atau kencing manis, anda harus menghindari beberapa menu makanan yang tersebut.

  • Sumber Karbohidrat Tinggi
Penyebab gula darah naik secara drastis adalah makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Dengan demikian, mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung kadar karbohidrat yang tinggi harus sesuai dengan anjuran dokter. Adapun beberapa jenis makanan yang mengandung kadar karbohidrat tinggi adalah : beras putih dan segala makanan hasil olahannya seperti nasi, bubur dan lontong.

Dengan demikian, hindarilah beberapa makanan pantangan untuk penderita diabetes mellitus tersebut. Untuk mengatasinya, anda bisa menyiasati dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat lebih rendah, dan makanan yang bisa dijadikan alternatifnya : beras merah, sereal, dan oatmeal.
  • Mie, spagheti dan roti
Mie, spagheti dan roti juga memiliki peran yang tidak boleh diremehkan sebagai penyebab naiknya kadar gula dalam darah. Makanan-makanan tersebut dibuat dari tepung gandum dan beras, dan telah menjadi rahasia umum bahwa tepung beras merupakan salah satu bahan pokok yang berperan dalam meningkatnya gula darah.
  • Buah dengan kadar gula tinggi
Pada dasarnya, buah adalah salah satu jenis makanan yang mengandung nutrisi dan serat yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Meskipun demikian, hal itu tidaklah berlaku secara rumum pada penderita penyakit diabetes. Mangga, pisang, nangka, dan durian adalah beberapa jenis buah yang memiliki rasa yang lezat dan tentunya menggugah selera kita. Akan tetapi, jika kita mengingat dampak negatif yang akan ditimbulkannya, sudah seharusnya bagi penderita penyakit kencing manis untuk berfikir cerdas untuk menghindasinya. Adapun buah yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit kencing manis adalah jeruk, apel, dan pir.
  • Kafein dan alkohol
Alkohol adalah jenis mnuman yang memperberat kinerja hati dan pankreas, sedangkan kita semua tahu bahwa pankreas sendiri adalah organ dalam tubuh yang bertugas memproduksi hormon insulin, dan insulin inilah yang memiliki fungsi sebagai penyeimbang/menstabilkan kadar gula dalam darah. Dengan demikian, hindarilah segala bentuk minuman yang mengandung alkohol dan mengandung kafein, karena dampak buruk yang ditimbulkannya akan memperparah penyakit kencing manis atau diabetes mellitus yang diderita.
  • Makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi
Makanan yang mengandung lemak dan gula seringkali memberikan asupan kalori yang berlebihan, dan kandungan nutrisinya kurang, hal inilah yang menyebabkan pemicu obesitas atau kegemukan pada seseorang yang seringkali memicu timbulnya penyakit diabetes mellitus itu sendiri. Hindarilah pantangan makanan penyakit kencing manis ini, insya Allah akan membantu proses penyembuhan berlangsung lebih cepat.
  • Olahraga terlalu berat
Olahraga memang salah satu kegiatan yang sangat dianjurkan untuk menjaga stamina tubuh dan menstabilkan kadar gula darah. Akan tetapi, mengingat kondisi fisik penderita penyakit diabetes mellitus yang lemah  akibat kadar gula darah, disarankan kepada penderita penyakit kencing manis untuk melakukan olahraga yang ringan dan tidak berlebihan. Jika tidak, dikhawatirkan tubuh akan mengalami dihidrasi dan itu justru akan memperburuk kondisi kesehatan.

Cara Mengatasi Komplikasi Penyakit Diabetes

Penyakit komplikasi diabetes ini adalah penyakit yang berbaya. Jika tidak segera diatasi dengan baik, maka kemungkinan terburuk akan menimpa penderitanya. Tentunya kita semua tidak menginginkah hal itu terjadi, dan sebenarnya kita mampu mengatasi penyakit kencing manis ini jika kita memiliki keyakinan untuk sembuh dan selalu berusaha. Salah satu cara untuk mengobati diabetes kami sarankan anda untuk mengatasi nya dengan cara terapi herbal menggunakan ramuan herbal yang berasal dari kulit buah manggis dan ekstrak daun sirsak, seperti kita ketahui kedua bahan tersebut memiliki khasiat yang sangat luar biasa dalam mengatasi, mengobati, serta menyembuhakn berbagai penyakit. Selengkap nya anda bisa simak lebih lanjut di Obat Komplikasi Jantung dan Diabetes
Makanan yang dilarang untuk penderita penyakit diabetes - Beberapa pantangan makanan tersebut diatas harus anda hindari demi mencegah datangnya penyakit komplikasi diabetes atau bahkan komplikasi penyakit lain nya. Mulai lah jalani gaya hidup sehat dengan mengubah pola makanan yang lebih sehat.

Makanan Yang Dilarang Untuk Penderita Penyakit Daibetes

0 Response to "Makanan Yang Dilarang Untuk Penderita Diabetes"

Posting Komentar